https://garut.times.co.id/
Olahraga

Selangkah Menuju Olimpiade, Timnas Indonesia Harus Tampil Habis-Habisan

Kamis, 09 Mei 2024 - 08:26
Selangkah Menuju Olimpiade, Timnas Indonesia Harus Tampil Habis-Habisan Pemain Timnas Indonesia berlatih ringan jelang laga penentuan tket Olimpiade Paris melawan Guinea. (foto: PSSI)

GARUT TIMES, JAKARTA – Seluruh pasukan Timnas Indonesia bertekad menampilkan permainan terbaiknya untuk meraih tiket Olimpiade Paris 2024 saat melawan Guinea, dalam laga playoff antarkonfederasi, Kamis (9/5/2024) malam nanti.

Pada laga penting ini, Timnas Indonesia dihadapkan pada situasi sulit dengan absennya dua pilar penting di lini belakang, yaitu Kapten Rizky Ridho yang harus absen karena kartu merah pada pertandingan semifinal Piala Asia U-23 melawan Uzbekistan, dan Justin Hubner yang tidak dilepas oleh klubnya, Cerezo Osaka.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong, mengungkap kekhawatirannya mengenai performa lini belakang timnya menjelang pertandingan playoff Olimpiade Paris 2024 melawan Guinea. Untuk menutup lubang lini belakang, Shin Tae-yong mendatangkan Alfeandra Dewangga yang bermain di PSIS Semarang. 

"Kami memang memiliki kekhawatiran sebelum menghadapi Guinea. Kondisi skuad kami saat ini tidak optimal, terutama di lini belakang yang hampir runtuh. Dengan skuad yang kami miliki, kami harus bekerja keras agar bisa meraih hasil yang baik," ungkap Shin Tae-yong dalam sesi konferensi pers via zoom pada Rabu (8//5/2024) malam.

Pelatih asal Korea Selatan ini juga menyatakan kesedihannya atas keputusan klub untuk tidak melepas Justin Hubner, terutama karena ini adalah kesempatan terakhir bagi tim Indonesia untuk lolos ke Olimpiade. Meskipun demikian, ia memahami posisi klub dalam hal ini.

Dalam analisisnya, Shin Tae-yong menyadari bahwa Guinea memiliki kekuatan yang cukup berarti, terutama dengan pemain-pemainnya yang banyak bermain di Eropa.

"Kami telah menganalisis Guinea melalui rekaman video, dan mereka adalah tim yang sangat kuat. Banyak pemain Guinea yang memiliki pengalaman bermain di Eropa, sehingga kami menganggap mereka sebagai lawan yang patut diperhitungkan," tambahnya.

Shin Tae-yong juga membahas kontroversi yang melibatkan Marselino Ferdinan, salah satu pemain andalan timnas Indonesia U-23, setelah pertandingan melawan Irak. Ia mengakui kesalahan Marselino dalam merespon kritik, namun meminta dukungan dari publik Indonesia untuk terus memberikan support kepada pemain tersebut.

"Ada kesalahan dari Marselino, dan seharusnya saya memberinya saran sebelumnya. Namun, saya tidak dapat melakukannya, dan saya minta maaf atas hal itu. Saya harap masyarakat Indonesia tetap mendukung Marselino dan kami di pertandingan mendatang," ucap Shin Tae-yong

Garuda Muda akan berhadapan dengan Guinea dalam pertandingan playoff untuk satu tiket terakhir menuju Olimpiade Paris 2024, yang akan berlangsung di Clairefontaine, Paris, pada Kamis (9/5) pukul 20.00 WIB. (*)

Pewarta : Antara
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon Garut TIMES just now

Welcome to Garut TIMES

Garut TIMES is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.