Berita

Efektivitas Vaksin Sinovac di Turki 91,25 Persen

Kamis, 14 Januari 2021 - 07:57
48.96k
Efektivitas Vaksin Sinovac di Turki 91,25 Persen Tim dokter kepresidenan memperlihatkan Vaksin Covid-19 Sinovac, di Istana negara. (FOTO: Tangkapan Layar Youtube BPMI Setpres)

TIMESINDONESIA, JAKARTAPresiden RI Jokowi (Joko Widodo) menerima suntikan pertama vaksin Covid-19 Sinovac kemarin. Meski dinyatakan efikasi atau tingkat kemanjuran vaksin Sinovac masih di atas ketentuan WHO.

WHO menetapkan standar minimum tingkat efikasi sebuah produk vaksin adalah harus memenuhi tingkat efikasi di atas 50 persen. 

Namun diketahui, angka tersebut ternyata berbeda-beda jika disandingkan dengan penelitian tiga negara yang berencana memakai vaksin buatan China tersebut.

Tingkat efektivitas vaksin Covid-19 buatan Sinovac China di Indonesia 65,3 persen. Diketahui, Efektivitas atau efikasi vaksin Covid-19 buatan Sinovac ini lebih rendah dibandingkan hasil uji coba di negara Brasil dan Turki.

Angka efikasi vaksin Covid-19 buatan Sinovac China ini diketahui dari hasil sementara uji klinik fase 3 di tiga negara tersebut. Efikasi di Indonesia jauh di bawah tingkat efikasi vaksin yang sama yang diuji cobakan di negara lain seperti Brazil yang sebesar 78 persen dan Turki mencapai 91,25 persen.

Dan untuk saat ini, dari China sendiri, belum ada kejelasan hasil uji klinik fase 3 terhadap vaksin Covid-19 buatan Sinovac tersebut.

Direktur Registrasi Obat BPOM Lucia Rizka Andalucia mengatakan, di Indonesia, hitungan efikasi sebesar 65,3 persen tersebut berdasarkan dari hasil uji klink fase 3 vaksin corona Sinovac di Bandung terhadap 1.600 orang peserta.

"Berdasarkan laporan sementara atau interim analysis, terdapat sebanyak 25 kasus pada relawan yang mengikuti uji klinik fase 3 vaksin corona Sinovac, masih terinfeksi Covid-19," jelasnya. Dan BPOM sendiri menyatakan, akan terus tetap memantau perkembangan selama enam bulan.

Sementara itu, Brasil yang juga melakukan uji klinis terhadap vaksin Sinovac yang melaporkan hasil uji klinis yang menunjukkan tingkat efektivitas vaksin mencapai 78 persen.

Brasil melakukan uji klinik fase 3 atas vaksin Covid-19 Sinovac kepada sebanyak 12.000 tenaga kesehatan di negeri samba tersebut. Untuk Turki merilis hasil uji klinik 91,25 persen berdasarkan data dari sebanyak 1.322 orang yang telah diuji dari total sebanyak 7.000 relawan. (*)

Tags

Berita Terbaru

icon Garut TIMES just now

Welcome to Garut TIMES

Garut TIMES is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.