Berita

Aburizal Bakrie Hingga Gatot Nurmantyo Dukung Vaksin Nusantara

Kamis, 15 April 2021 - 14:21
Aburizal Bakrie Hingga Gatot Nurmantyo Dukung Vaksin Nusantara Ilustrasi - Vaksinasi Covid-19. (FOTO: ANTARA)

GARUT TIMES, JAKARTA – Meski Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) belum memberikan izin kelanjutan uji klinis vaksin Nusantara, namun sejumlah tokoh menyodorkan diri untuk disuntik vaksin yang diinisiasi oleh mantan Menkes RI, Terawan Agus Putranto itu.

Berbagai alasan mengapa mereka bersedia. Namun mayoritas karena mereka percaya dengan Terawan tersebut. Apalagi kata mereka, ini adalah karya anak bangsa yang harus diberikan dukungan penuh.

Lalu siapa saja mereka?

Ini nama-nama tokoh yang sudah memulai proses vaksin Nusantara, yang dilakukan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Kamis (15/4/2021).

1. Aburizal Bakrie

2. Gatot Nurmantyo

3. Sufmi Dasco Ahmad

4. Emanuel Melkiades Lakalena

5. Saleh Daulay

6. Adian Napitupulu

7. Nihayatul Wafiroh

8. Arzetty Bilbina

Seperti yang diketahui bersama, hingga saat ini BPOM belum mengeluarkan izin bagi riset untuk lanjut ke uji klinis fase II.

Kepala BPOM Penny K Lukito menyampaikan, adalah ada beberapa hal yang harus diperbaiki dalam uji klinis dari vaksin Nusantara itu. Mulai dari kaidah penelitian, metode produksi, kualitas bahan, hingga bukti manfaat dan keamanannya.

Ia menegaskan, jika uji klinis dilakukan tanpa mematuhi aturan dan standar yang ada, nantinya akan ada risiko masalah yang harus ditanggung.

"Harus memenuhi poin-poin dalam protokol tapi tidak dilakukan, tentunya akan mengalami masalah sendiri. Tahapan-tahap tersebut tidak bisa diabaikan," ujarnya soal vaksin Nusantara. (*)

Pewarta : Moh Ramli
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon Garut TIMES just now

Welcome to Garut TIMES

Garut TIMES is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.