Berita

Ramadan Saat Pandemi, Tadarus Al-Qur'an Braille Digelar Secara Daring

Kamis, 15 April 2021 - 13:56
Ramadan Saat Pandemi, Tadarus Al-Qur'an Braille Digelar Secara Daring Mamat Rahmat, mentor Tadarus Al-Qur'an Braile memberikan mentor pada peserta tadarus secara online dengan menggunakan pola daring melalui whatapps voice note dan whatapps voice chat. (FOTO: Harniwan Obech/TIMES Indoesia)

GARUT TIMES, TASIKMALAYA – Masa pandemi tak menyurutkan semangat para tuna netra dalam mengisi amaliah bulan suci ramadan. Tadarus Al-Qur'an Braile kini digelar secara daring.

Ramadan tahun 1442 H ini para penyandang tunanetra yang tergabung dalam Yayasan Louise Braille Indonesia melaksanakan tadarus Al-Qur'an Braille dengan menggunakan secara daring melalui whatapps voice chat dan whatapps voice note. 

mentor Tadarus 2

Para penyandang tuna netra tetap tadarus meski hanya sendirian di rumah masing-masing. Mentor Tadarus Al-Qur'an Braille dari Yayasan Louise Braile Indonesia Mamat Rahmat (57) mengungkapkan, kegiatan tadarus bersama membaca Al-qur’an braille ini merupakan kegiatan yang kedua kali di masa pandemi.

"Sebelum masa pandemi tadarus Al-qur'an Braille bersama dilaksanakan di Gedung PUSDAI Bandung, Namun di masa pandemi sekarang dilaksanakan di rumah masing-masing, banyak hikmah yang didapat selain mendekatkan diri kepada yang Maha Pengasih, metoda daring ini mempengaruhi terhadap jumlah peserta," ungkapnya kepada TIMES Indonesia di Sekretariat Majelis Taklim Al Hikmah, Jalan RSU, Kelurahan Kahuripan, Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya, Kamis (15/4/2021). 

Mamat pria yang menyandang tuna netra sejak usia kelas lima SD ini menambahkan, dengan digelarnya tadarus secara daring, hikmahnya adalah tadarus ini dapat dilakukan dengan jumlah yang cukup banyak, tetapi secara tatap muka ada kendala di masalah keterbatasan transportasi dan sempitnya waktu karena harus meninggalkan aktivitas rutinnya.

Dengan tadarus secara daring ini kita dapat berinteraksi dengan para penyandang tuna netra dari Provinsi Jawa Barat bahkan dari luar provinsi yang ada di Indonesia. 

mentor Tadarus 3

"Namun sedihnya kita tidak bisa bertatap muka secara langsung, dimana biasanya kalo kita bertatap muka kita bisa curhat-curhatan cerita, bersapa sambil berteriak, bertanya tentang keadaan kesehatan, keluarga, anak bahkan cerita tentang hal yang sangat pribadi sekali. Kalau tatap muka ini ada satu kepuasan tersendiri beda dengan komunikasi di telepon," keluhnya.

Masa pandemi bukanlah satu alasan untuk tidak melaksanakan ibadah tadarus Al-Qur'an Braille, kita dituntut untuk berinovasi memutar pikiran agar ibadah ini bisa terlaksana tanpa mengururasi isi dan hikmahnya. (*)

Pewarta : Harniwan Obech
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon Garut TIMES just now

Welcome to Garut TIMES

Garut TIMES is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.