Berita

Wujudkan Parekraf Berkualitas, Sandiaga Uno Ajak KNEKS Berkolaborasi

Kamis, 28 Januari 2021 - 15:09
Wujudkan Parekraf Berkualitas, Sandiaga Uno Ajak KNEKS Berkolaborasi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno. (Foto: Kemenparekraf RI)

GARUT TIMES, JAKARTAMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, mengandeng Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) dalam pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

Sandiaga mengatakan keuangan dan ekonomi syariah menjadi suatu tren global yang berkaitan erat dengan pariwisata dan ekonomi kreatif. "Saya lihat sendiri, ekonomi syariah ini market-nya besar, banyak ruang untuk berkembang," kata Sandiaga dalam audiensi dengan perwakilan dari KNEKS di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Rabu (27/1/2021), .

Sandiaga berharap kolaborasi dengan KNEKS, pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif bisa leih berkualitas.

"Wisata ini adalah suatu extended services (layanan tambahan) yang ramah untuk semua orang dan menjadi inovasi yang dapat menambah peluang usaha dan membuka lapangan kerja," katanya.

Selain itu, Sandiaga juga menyebutkan keuangan dan ekonomi syariah bisa menjadi alternatif pembiayaan usaha mikro, kecil, dan menengah di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif saat masa pandemi Covid-19. 

"Di masa pandemi ini, skema pembiayaan keuangan dan ekonomi syariah bisa kita kembangkan jadi salah satu alternatif. Karena selain keterbatasan anggaran, banyak pelaku sektor pariwisata dan ekonomi kreatif ingin dapat akses pembiayaan," ucap Sandiaga.

Selain itu, Sandiaga mengungkapkan pihaknya dan KNEKS juga dapat berkolaborasi dengan mengadakan suatu pilot project dan kompetisi kreatif. "Kita all out, kita dukung kerja sama dengan KNEKS untuk memajukan ekonomi dan keuangan syariah dengan irisan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," ungkap Sandiaga.

Sementara itu, Direktur Utama KNEKS, Ventje Rahardjo, menuturkan kolaborasi ini adalah sambutan bagi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah. "Dengan adanya kolaborasi ini, diharapkan dapat ada peningkatan perkembangan ekonomi dan keuangan syariah di Tanah Air," ujar Ventje.

Pertemuan ini juga dihadiri oleh Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesoedibjo; Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kemenparekraf RI /Baparekraf, R. Kurleni Ukar; Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kemenparekraf/Baparekraf, Rizki Handayani; Direktur Kajian Strategis Kemenparekraf/Baparekraf, Wawan Rusiawan; dan Direktur Akses Pembiayaan Kemenparekraf/Baparekraf, Hanifah Makarim. (*)

Pewarta :
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon Garut TIMES just now

Welcome to Garut TIMES

Garut TIMES is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.