https://garut.times.co.id/
Berita

Peneliti Diduga Temukan Fosil Titanosuarus Terbesar di Brasil

Kamis, 28 Januari 2021 - 13:58
Peneliti Diduga Temukan Fosil Titanosuarus Terbesar di Brasil Fosil Titanosaurus yang ditemukan di Neuquén, Argentina, Brazil. (Photo: Alejandro Otero and Jose Luis Carbalido)

GARUT TIMES, JAKARTA – Pakar paleontologi di Brazil temukan fosil dinosaurus di daerah Neuquén, Argentina. Fosil ini digadang-gadang bisa jadi merupakan fosil terbesar yang ditemukan hingga kini.

Fosil tersebut diklaim merupakan milik dinosaurus berjenis titanosuarus. Diketahui, hingga saat ini titanosuarus diklaim merupakan makhluk terbesar yang pernah ada di Bumi.

Fosil ini berumur kisaran 98 juta tahun. Dalam penggalian ditemukan 24 tulang terdiri dari tulang ekor, panggul dan tulang dada. Menurut peneliti, jika dipanjangkan maka panjang badan dinosaurus ini bisa mencapai 37 meter.

"Ini dinosaurus raksasa, namun kami berharap masih bisa menemukan sisa tulang lainnya dalam penelitian lebih lanjut," Alejandro Otero, seorang pakar paleontologi Brazil seperti dilansir dari CNN.

Dengan ukuran yang sedemikian rupa, para peneliti memperkirakan dan membandingkan ukurannya dengan Argentinosaurus dengan panjang 40 meter yang bobot mencapai 110 ton atau setara dengan 12 gajah Afrika.

Dugaan terbaru, fosil dinosaurus yang ditemukan merupakan titanosuarus jenis baru yang belum pernah diidentifikasi. Diperkirakan titanosaurus raksasa ini hidup berdampingan dengan titanosuarus medium dan rebbachisaurids dengan ukuran kecil 101 juta tahun yang lalu di Brazil. (*)

Pewarta : Khodijah Siti
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon Garut TIMES just now

Welcome to Garut TIMES

Garut TIMES is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.