Berita

Disunnahkan untuk Buka Puasa, Berikut Manfaat Kurma untuk Kesehatan

Kamis, 15 April 2021 - 17:39
Disunnahkan untuk Buka Puasa, Berikut Manfaat Kurma untuk Kesehatan ILUSTRASI - Manfaat Kurma untuk Kesehatan. (FOTO: Getty Images via mirror.co.uk)

GARUT TIMES, JAKARTA – Sejumlah manfaat kurma menjadikannya sebagai makanan yang banyak diburu saat berbuka puasa. Kurma memang baik dan Nabi Muhammad SAW menganjurkan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa di bulan Ramadan. Sebab, buah ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. 

Kurma selama ini dianggap sebagai sumber energi yang bagus buat tubuh. Lantas, apa saja manfaat kurma untuk kesehatan? 

Dikutip dari laman Healthline dan Medical News Today, berikut adalah sejumlah manfaat kurma untuk kesehatan:

1. Mengandung antioksidan 

Kurma memiliki kandungan polifenol yang tinggi. Polifenol merupakan senyawa antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari peradangan.

Antioksidan melindungi sel tubuh dari radikal bebas, yang merupakan molekul tidak stabil dan dapat menyebabkan reaksi berbahaya di tubuh serta menyebabkan penyakit. 

Dibandingkan dengan jenis buah serupa, seperti buah ara dan plum kering, kurma tampaknya memiliki kandungan antioksidan tertinggi. 

2. Membantu merasa kenyang lebih lama 

Selanjutnya, manfaat kurma yakni bisa membantu seseorang merasa kenyang lebih lama. Sebab, kurma memiliki kandungan serat yang tinggi. 

Hanya seperempat cangkir kurma menyediakan 12% dari kebutuhan serat harian seseorang. Serat membantu seseorang merasa kenyang lebih lama.

Selain itu, kurma juga bisa memuaskan selera seseorang akan rasa manis sekaligus memberikan nutrisi penting, seperti vitamin B-6 dan zat besi.

3. Baik untuk kesehatan jantung

Kurma mengandung kalium yang tinggi, yang merupakan elektrolit yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan jantung. Kalium juga membantu membangun otot dan protein dalam tubuh.

4. Meningkatkan kesehatan otak

Manfaat kurma lainnya yakni dapat membantu meningkatkan fungsi otak.  Sebuah penelitian pada hewan menunjukkan, kurma bermanfaat untuk mengurangi aktivitas protein beta amiloid yang dapat membentuk plak di otak.

Ketika plak menumpuk di otak, mereka dapat mengganggu komunikasi antara sel-sel otak, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kematian sel otak dan penyakit Alzheimer. 

5. Baik untuk kesehatan tulang

Kurma mengandung beberapa mineral, termasuk fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium. Semua kandungan tersebut telah dipelajari dan bermanfaat dalam mencegah kondisi terkait kerusakan tulang seperti osteoporosis. 

6. Mengontrol gula darah

Terakhir, manfaat kurma untuk kesehatan yakni dapat membantu mengontrol gula darah. 

Kurma berpotensi membantu regulasi gula darah karena indeks glikemiknya yang rendah, kandungan serat dan antioksidannya. 

Nah, itulah sejumlah manfaat kurma untuk kesehatan yang menjadikannya makanan yang banyak diburu saat berbuka puasa(*)

Pewarta : Hasbullah
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon Garut TIMES just now

Welcome to Garut TIMES

Garut TIMES is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.